MARKETING SYARIAH dan prospek masa depan

Feedback-management-the-futureBeberapa kali saya membagikan kartu nama kepada kolega atau teman baru, sy mencoba melihat gesture tubuh dari rekan atau kolega tersebut, kebanyak sedikit mengernyitkan dahi tanda ada yang ingin ditanyakan dengan kartu nama tersebut. Kebanyakan bertanya apakah target Marketnya hanya perusahan syariah atau perusahan yang pemiliknya muslim saja, dan apakah perusahaan yang tidak syariah tidak kita tangani. Aha pertanyaan yang menarik sekaligus pertanyan amat template buat kami 🙂 he5X.

Pertama-tama kami sampaikan bahwa nilai-nilai syariah adalah landasan dan pondasi kami untuk menjalankan bisnis ini. Dengan kata lain Islam tidak mengajarkan diskriminasi dalam menjalankan perdagangan, semua berhak dan boleh diajak bekerjasama tidak dan semua perusahaan yang dimiliki oleh yang Non Syariah pun tidak kami tolak, demikian juga dengan kami, semua perusahaan akan kami tangani….. “nah kalo gitu brarti gak bedanya sama perusahaan yang tidak berlandaskan syariah dong?” …… Aha pertanyaan yang mungkin akan muncul dibenak calon client kami.

Dalam setiap kesempatan kami sampaikan bahwa bekerja sama dengan pihak manapun itu di halalkan asal pihak yang kita ajak bekerjasama Produknya jelas “HALAL”, baik output produknya maupun prosesnya dipastikan halal semuanya, untuk itu perusahaan yang jelas Haram Output ataupun prosesnya tidak kami terima dalam bekerjasama, seperti makanan atau minuman yang jelas haram proses maupun hasil prosesnya. Atau perusahaan yang jelas proses dan hasilnya menghasilkan “RIBA” kami berusaha untuk menghindarinya. Kenapa kami berpegang teguh dengan prinsip ini ada hadits yang mengatakan “Hukum asal dari sesuatu (muamalah/keduniaan) adalah mubah sampai ada dalil yang melarangnya”.

Banyak yang meyayangkan prinsip kami yang seolah-oleh tidak fleksible dan kaku ini, jangankan orang luar di Internalpun ada penolakan di awal-awalnya, tapi alhamdulillah pelan-pelan prinsip ini jadi melekat di perusahaan kami. Buat kami ke istiqomahan menjalankan prinsip ini adalah tangga menuju puncak sukses. Dan kami percaya Prinsip Marketing Syariah Insya Allah akan menjadi berkah bisnis dimasa yang akan datang.

Wallaahu a’lam bis-shawaab

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather