3 DIMENSI MARKETING SYARIAH

Ada yang bertanya bagaimana seharusnya memasarakan sebuah produk atau usaha yang berbingkai SYARIAH. Dari hampir sepuluh tahun menekuni MARKETING dan berusaha untuk selalu komitmen dengan Hukumm Syariah, ada 3 Dimensi Marketing Syariah yang harus dilakukan oleh para MARKETER SYARIAH, 3 Dimensi Marketing Syariah tersebut antara lain :

1. Dimensi Madiyah
Profit dalam kegiatan seorang MARKETER SYARIAH adalah hal yang HALAL dalam kegiatan MARKETING. Apalagi di dunia yang sistemnya dikuasai oleh KAPITALISME, keuntungan atau madiyah adalah nomer satu dan satu-satunya. Akan tetapi di Marketing Syariah : Madiyah hanya salah satu komponen saja.

2. Dimensi BAROKAH
Selanjutnya Dimensi kedua adalah Dimensi BAROKAH. Dimana setiap strategi Marketing seharusnya mendapatkan Profit/Madiyah dengan cara yang sesuai dengan hokum-hukum yang Syari’e untuk mendapatkan BarokahNYA. Dimensi ini adalah salah satau hal penting dan pokok dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam menerapkan Marketing Syariah.

3. Dimensi  DAKWAH
Sedangkan DImensi ketiga adalah Dimensi Dakwah, DImana Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan seharusnya tidak hanya bertumpu kepada MADIYAH semata, akan tetapi juga mengajak kepada para konsumennya untuk semakin taat kepada Allah SWT. Tidak hanya itu di lingkungan sekitar perusahaan baik karyawan & vendor seharusnya menjadikan hal yang sama ,semua kegiatan Produksi mengajak kepada semuanya untuk semakin taat kepada Allah SWT. Jadi kalo sebuah perusahaan menerapkan ISO kepada karyawan dan seluruh organisasi serta kepada vendornya untuk biss menjadi supliernya, kenapa tidak ada standarisasi ketaatan kepada Allah SWT sebagai syarat uji mutunya !!

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. (QS. An-Nisa’/4:29)

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather